9.02.2013

Semester 5

Bahkan ketika tulisan ini dibuat, aku masih belum tau sebenarnya kapan perkuliahan semester 5 ini akan dimulai.Seperti biasa kabar yang datang simpang-siur. Ada yang mengatakan perkuliahan dimulai hari ini, ada yang mengatakan tanggal 9. Tapi, di website resmi fakultas justru dikatakan tanggal 7. Jadi, mana yang benar? :|

Ok, kita skip aja persoalan kapan perkuliahan ini dimulai. Kalau kuliah ya datang, kalau tidak ya tidak. :D 

Semester 5. Apa yang terpikir di benakku ketika kata-kata ini mampir di telinga? Pasti seringkali kita berkata, nggak kerasa ya sudah semester 5. Sekarang adek tingkatnya udah 2 angkatan. Apakah kita harus menjalani hidup seperti itu? Maksudku di sini adalah, kenapa banyak orang bahkan termasuk aku sering mengatakan 'nggak kerasa'? Apakah memang nggak ada hal-hal yang benar-benar bisa membuat kehidupan selama 4 semester ini bermakna dan menjadi 'terasa'? :D

Coba pikirkan, banyak hal-hal yang mungkin terlihat sulit untuk dijalani namun pada akhirnya bisa juga kita lewati.

Entah dengan proses seperti apa dan bagaimana sulitnya untuk melalui itu, pada akhirnya pun tetap akan berlalu. Maka dari itu, kenapa ya kita sering menolak untuk mengambil kesempatan-kesempatan baru dengan tantangan yang menyertainya hanya karena ketakutan tak beralasan? Jangan sampai, ketika tua nanti, kita akan berkata "Nggak kerasa ya" tanpa pernah melakukan apa-apa. Mungkin akan jauh lebih baik, ketika kita mengatakannya ketika kita telah selesai melakukan banyak hal berguna.

Toh, segala kesulitan akan berganti dengan kemudahan. Dan setiap tantangan yang telah berhasil kita lalui akan meninggalkan kebanggan tersendiri tentunya. Inget nggak sih, gimana dulu rasanya semangat itu sudah seperti di ujung tanduk, hampir hilang, dan selalu dihadapkan dengan situasi yang genting? Sekarang, tugas bejibun, praktikum berderet, laporan menanti setiap saat, dan seabrek tanggung jawab lainnya bisa kita hadapi dengan senyuman. Senyuman yang bermakna, aku pasti bisa melalui ini.

Setelah melalui banyak masa-masa sulit itu, akhirnya hari ini kita masih bisa tersenyum dan berkata 'nggak kerasa' kan? Bukankah itu berarti masa-masa sulit sekalipun dapat kita nikmati dan lalui. Tentu saja, karena akan ada rasa manis yang menggantikan setiap masa sulit itu berlalu. 

Kini, perjalananku telah sampai di semester 5. Mungkin di dalam suatu game, ini adalah level baru, yang akan disertai dengan tantangan dan kesulitan baru. Tapi tenanglah, nikmati saja setiap proses yang akan dijalani ini. Nanti di semester 7 atau ketika aku sudah lulus, maka mungkin sekali lagi aku akan berkata, "Nggak kerasa ya, sudah lulus aja" :D.

That's life!

 "Just face it, everything will be passing by :)".
 dikutip dari blog sebelah


No comments: