8.22.2013

Telephonobia - Takut Telepon (?)


Aku mau cerita, tentang kebiasaanku. Entahlah orang lain menganggap ini biasa atau nggak, menurutku kurang biasa. Aku orang yang boleh dibilang jarang melakukan aktivitas menelepon lama-lama. Juga sebaliknya, aku pun bukanlah orang yang cukup suka ditelepon. Aku selalu menolak untuk ditelpon berlarut-larut lamanya. Menurutku, itu membuat telinga panas (karena handphone) dan rasanya kurang nyaman.

Tapi ada hal yang aneh akhir-akhir ini, kurang lebih setelah lulus SMA. Semenjak itu, aku jarang atau bahkan tidak pernah sama sekali menerima telepon sampai hitungan jam. Paling lama sekitar 15 menit, itupun dari orang tua.

Hal anehnya adalah ketika ada panggilan masuk. Entahlah rasanya aku takut untuk mengangkatnya. Rasanya ada rasa khawatir yang menjadi-jadi. Ada apa orang ini menelponku? Terlebih jika nomor tersebut tidak ada di kontak teleponku. Aku pasti berpikir berulang kali untuk mengangkatnya. Malah, terkadang tidak aku angkat sama sekali.

Ternyata, keanehan itu namanya Telephonobia, artinya:



Pengidapnya memiliki fobia untuk berinteraksi dengan menggunakan telepon. Baik itu melakukan panggilan telepon, atau menerima telepon. Ada sejumlah kemungkinan seseorang mengidap penyakit telephonobia. Sejumlah penelitian menyebut, kemungkinan pengidap penyakit ini takut dipermalukan melalui telepon, takut disalahpahami, atau takut tak bisa mengingat perbincangan yang dilakukan di telepon.
 =.='' Tapi aku nggak merasa fobia banget kok. Aku cuma takut kalau ditelepon. Kalau menelepon karena memang ada kepentingan tertentu ya biasa aja. Lagi pula, kemungkinan mengidapnya seperti takut disalahpahami, dipermalukan, yang disebutkan di atas nggak aku alami. Jadiii?
Adakah yang punya keanehan seperti aku ini? :|


6 comments:

Ossy Firstan said... Reply Comment

aku. Aku nggak suka ngangkat telpon,bicara di telpon dan punya refleks mematikan suatu panggilan. Kecuali orangtua dan sesekali saudara akan kuangkat dengan landasan kesopanan.

Nggak tahu kenapa. Rasanya aneh ngomong nggak ada orangnya dan juga bingung mau ngomong apa.

adreamer said... Reply Comment

Wah, ternyata ada juga yang ngalamin Telephonobia. Terus pernah tanya ahlinya atau tetap dibiarin aja gitu mba?

Unknown said... Reply Comment

hahaha.. sama, aku juga gak suka di telpon, rasanya susah mau ngomong apa, terus susah menangkap maksud pembicaraan di telpon, jadinya sia2.. paling terima telpon cuma dari ortu, saudara atau temen yg emang penting.. itu juga masih dipikir-pikir buat ngangkat hehe..

adreamer said... Reply Comment

Faisal: :D Emang lebih suka ngobrol langsung kali ya.. Bisa ngeliat secara langsung dan terbantu memahami dg bahasa tubuh. ^^

Delia flow said... Reply Comment

Wah aku juga gitu. Ga suka ditelepon sama orang yang belum dekat. Jadi biasanya ga aku angkat tapi aku balas via text. Canggung soalnya kalo di telepon

Ismail_marzuki said... Reply Comment

Kalo gw gasuka nelpon maupun bicara langsung (short talk)