7.24.2013

Apa Passion-mu?




Do you have passion? What's your passion? What's passion actually mean?

Apakah kamu punya passion? Apa passionmu? Menurutmu, apa itu passion sebenarnya?

Katanya, (ah maaf ya minjam kata-kata orang yang mungkin sebenarnya aku bahasakan dengan pemahamanku) passion itu adalah sesuatu yang membuatmu punya hasrat untuk melakukan sesuatu. Sesuatu yang tanpa paksaan senang kamu lakukan, sesuatu yang menyita waktumu, uangmu, dan tenagamu tapi tidak meninggalkan rasa sesal, justru membuatmu bahagia. Katanya itu passion, Semacam bahan bakar untuk 'berbuat' sesuatu.

Begitu lancarnya aku mendefinisikan apa itu passion, namun menemukan apa passionku jauh lebih sulit daripada mendefinisikannya. Lebih tepatnya, "Sebenar-benarnya passionku itu apa?" Itulah pertanyaan yang kadang selalu aku tanyakan kepada diriku sendiri. Ini bukan pertanyaan retoris, bukan karena aku pun sulit menjawabnya.

Kalau ditanya apa passion kamu?
Aku bisa mengatakan banyak hal yang begitu aku sukai. Aku bisa tergila-gila dan kalap saat melihat tumpukan buku. Aku membeli mereka semua yang aku suka, aku tidak punya uang lagi yang tersisa, aku tidak menyesal. Aku suka menghabiskan waktuku di depan laptop, surfing, membaca artikel, mencari informasi terbaru dari pagi sehabis bangun tidur sampai sore hari tanpa mandi. Menjelang malam, aku melakukan hal yang sama. Aku tidak pernah bosan, aku menikmatinya.

Aku membaca buku-buku, menuliskannya kembali reviewnya atau sekedar menceritakan kembali apa yang pernah aku baca, dan aku terasa seperti sedang dibakar api semangat yang berkobar-kobar. Aku senang menulis di blog ini, mengedit tampilannya sampai mataku perih. Mencari dan belajar coding sederhana, yang belum tentu berhasil. Itu semua menyita waktuku, waktu yang seharusnya aku gunakan untuk memperdalam ilmu farmasi yang aku geluti misalnya namun malah aku habiskan untuk mencari hal-hal seperti itu. Meskipun belum tentu banyak yang berkunjung, aku tidak keberatan dan aku menikmatinya.

Aku mencari gambar-gambar unik, mengagumi banyak fotografi karya orang lain, atau hanya sekedar mengumpulkan kata-kata mutiara, kata-katak bijak dan semacamnya. Kadang aku malah merenung, melamun dan merangkai kata bijak sendiri, menasehati diri sendiri. Apakah aku aneh dengan segala hal yang aku sukai itu? Apakah bagi sebagian kalian yang membaca ini merasa bahwa apa yang aku lakukan itu membosankan? membuang waktu? energi? Bagiku tidak.

Karena ketika aku menjalani itu semua, aku bisa merasakan tidak ada rasa sesal, yang ada rasa senang, rasa penasaran dan sulit berhenti. Rasanya setiap kebuntuan yang aku hadapi tidak membuatku ingin menghempas sesuatu, menghela napas panjang. Namun, justru menimbulkan kobaran semangat. Apa yang salah? Aku harus tau jawabannya. Aku mau tau, aku harus tau.

Itukah? Itu semua kah yang mereka sebut passion? I do love what i do. That's the point, dan untuk meninggalkannya, selalu ada rasa berat di hati. Selalu ada rasa lagi dan ingin lagi. Bagiku itulah passionku, panggilan jiwaku. :)

Dan setelah aku menulis ini, aku membaca apa itu pasiion dari sini:
Passion adalah sesuatu yang kita tidak pernah bosan untuk melakukannya.

Passion adalah dimana kita akan mengorbankan segala hal untuk mencapai itu.

Passion adalah sesuatu yang dikerjakan dengan ikhlas, tanpa paksaan.

Passion adalah panggilan jiwa.

Passion adalah dimana kita tidak memikirkan untung dan rugi.

Passion adalah ketika kita melakukan sesuatu yang kita sukai tanpa merasa capek.
 Ya, aku merasakan semua itu, ketika aku melakukan hal-hal di atas. I really do. :)






1 comment:

undeliberatelife said... Reply Comment

You help me a lot, kak. Thank you so much.