12.15.2013

Tangled [Review]

Tangan saya gatel banget untuk nggak nyeritain film ini. Ini adalah sebuah film aimasi yang udah diproduksi beberapa tahun lalu. Harap maklum kalau saya baru menontonnya baru-baru ini. Saya kan bukan termasuk film-holic, dan tidak terlalu update. Beda soal buku. :)



Cerita ini masih soal putri-putrian. Tapi tenang, bukan soal romansa sepenuhnya. Mungkin sebagian dari kita tidak asing dengan cerita Rapunzel, seorang wanita yang memiliki rambut luar biasa panjangnya. Nah, cerita ini mirip dengan cerita Rapunzel. Tokoh utamanya juga bernama Rapunzel, dia juga disekap oleh seorang penyihir di sebuah menara yang sangat tinggi. Bedanya, si Rapunzel ini punya kekuatan di Rambutnya. Kekuatan ini digunakan oleh si Penyihir yang mengaku sebagai ibunya untuk tetap awet muda. Jadi, sebenarnya dia bukan anak si Penyihir melainkan putri Raja di Negerinya.

Nah, supaya Rapunzel tidak pergi dan tetap berada di Menara itu si penyihir membohongi Rapunzel bahwa di luar sana ada banyak sekali marabahaya yang mengincarnya, dan menginginkan kekuatan dari rambut Rapunzel. Padahal, hanya dialah yang menginginkan kekuatan tersebut. Oleh karena kebohongan penyihir itulah Rapunzel tidak pernah sekalipun meninggalkan menara tersebut sepanjang hidupnya. 

Sebenarnya bukan berarti Rapunzel tidak ingin pergi. Dia ingin sekali pergi melihat dunia luar terutama lampion yang diterbangkan setiap tahunnya tepat saat ulang tahunnya. Ia pun mencoba untuk memohon kepada Ibunya--penyihir--untuk mengijinkannya pergi melihat lampion tersebut. Tentu saja dia tidak pernah mendapatkan izin untuk itu. Dia begitu penasaran benda apakah yang bercahaya itu dan bertanya-tanya mengapa selalu diterbangkan tepat saat ulang tahunnya.

Cerita berlanjut dengan pertemuannya dengan Flyn Rider, si pencuri yang tersesat ke Menara dimana rapunzel berada.
Awalnya Rapunzel ketakutan melihat Flyn, ia percaya dengan segala pola pikir yang ditanamkan ibunya. Oleh karena itu ia menganggap Flyn orang jahat. Dia ingin memberitahu ibunya tapi si Ibu tidak pernah mau mendengarnya. Sampai akhirnya ia memutuskan untuk menyembunyikan Flyn dari Ibunya. Saat Flyn sadar, mereka akhirnya bicara. Karena merasa telah menyekap Flyn, dia menawarkan kesepakatan. Rapunzel akan menyerahkan barang curian milik Flyn tetapi dia harus mengantarkan Rapunzel ke tempat lampion itu diterbangkan. Adegan di sini sangat lucu, bukannya takut, Flyn malah bersikap sok ganteng di hadapan Rapunzel. :D

Cara ngebangunin orang yang pingsan :D
Awalnya, Flyn tidak mau mengantarkan Rapunzel. Tentu saja karena Flyn adalah orang yang sedang dicari-cari oleh prajurit istana dan lampion itu diterbangkan di istana sebagai salah satu tanda untuk mengenang hilangnya sang putri. IBarang yang dicuri Flyn adalah mahkota milik Putri. Rapunzel mengancam Flyn tidak akan selamat keluar dari menara tersebut jika tidak bersedia membantunya. Merasa tidak memiliki pilihan, akhirnya Flyn menyetujuinya. Tapi salah satu hal yang menggelikan ketika meonoton film ini adalah ekspresi Flyn saat akhirnya bersedia dan kembali menggoda Rapunzel. :))

Lagi-lagi sok ganteng :D
Nah, dimulailah petualangan Rapunzel dan Flyn menuju tempat penerbangan lampion itu.Tentunya perjalanan mereka tidak mulus. Flyn harus menghindari kejaran pengawal istana, terutama si kuda bernama Maximus. Kuda ini salah satu penghibur di film ini. Tingkahnya benar-benar lucu, terutama saat bertemu dengan Flyn. Selain itu, si penyihir juga telah mengetahui kepergian Rapunzel. Sehingga banyak cara yang dilakukan untuk menggagalkan kepergian Rapunzel dalam film ini. Flyn sendiri telah seringkali ingin menggagalkan rencana itu dengan menghasut Rapunzel misalnya. Tapi tidak berhasil. Singkat cerita, mereka mampu melewati sekomplotan penjahat lain yang mengejar Flyn untuk memperoleh imbalan, pengejaran pengawal kerajaan dan berbagai rintangan lainnya.

Setelah melalui itu semua akhirnya, Rapunzel berhasil  melihat hal yang benar-benar diimpikannya selama 18 tahun lamanya. Melihat lampion-lampion ini..

Lampionnya beneran cantik ;)
Sayangnya si Ibu--penyihir--punya rencana jahat yang ternyata belum berakhir. Ia membohongi Rapunzel sehingga dia percaya dan mau kembali ke Menara. Rapunzel diperdaya dan mengira Flyn berbohong padanya. Akhirnya dia kembali ke menara itu. Namun Rapunzel menyadari, jika dialah putri terakhir kerajaan yang telah hilang. Akhir cerita ini ditutup dengan Rapunzel yang ingin melawan si penyihir. Namun sayang, ketika Flyn ingin membantu membebaskannya ia malah terbunuh.


Mau tau akhir ceritanya? Sebaiknya kalian lihat sendiri ya. hehe Silahkan ditonton.. 

Ini beberapa adegan favorit di film ini:
Adegan Rapunzel sebentar bilang nggak mau pulang dan kemudian menyesal karena telah pergi, dst -_-
Dua hewan ini benaran lucu :))
Adegan Yujin baikan sama Max :D (terpaksa)
Adegan saling bercerita rahasia mereka, dan betapa kagetnya Yujin mengetahui rahasia Rapunzel. :D
The best one :) When your dream come true
Pesan yang bisa diambil dari film ini adalah, tetap percaya suatu hari--selama apapun itu--mimpi kita akan terwujud. Dan sejak saat itu, hal-hal baik lainnya akan mengikuti jika kita terus bersabar dan terus berusaha untuk memperjuangkan mimpi itu. :) Ngeliat ekspresi Rapunzel bisa ngebayangin bahagianya ketika impian kita terwujud. :')

So, that is my review 'bout this film. Tertarik? :3

No comments: