7.29.2011

Field Report to : Bontang

Nah, kali ini gue bakal cerita lika-liku gue daftar di Poltek Jakarta dari awal. Cekidot guys!! Jadi, ada 5 tahap tes untuk masuk PNJ, maklum saja seleksinya sangat ketat karena ini adalah akademi pertama yang dibuka oleh PNJ kerjasama dengan PT *ttiiit* :P ( i mean PT BADAK ).  Jangan lupa siapin obat tetes mata!

Tahap-tahap tersebut antara lain:
  •  Seleksi Administrasi 
Tahap ini adalah tahap pendaftaran online, pembayaran, serta input nilai UN untuk beberapa mapel. Alhamdulillah banget, nilai gue rata-rata 8 begitu pula dengan nilai bahasa Inggris gue. Gue optimis lolos, dan ternyata bener. Gue lolos tahap ini dan lanjut ke tahap kedua Tes akademik.
  • Tes Akademik 
Gue ngerasa beruntung (lagi) soalnya mapel yang diujikan no Biologi (iya, biologi memang pelajaran yang kurang gue sukai). Gue belajar, latihan-latihan soal, gue bener-bener serius waktu itu. Gue bilang ke diri gue sendiri, “Gue harus bisa lolos!” hari H pun tiba, gue dianter sama kakak ketiga gue yang lebih akrab sama gue (waktu itu gue ngadu ke emak gue kalo sempet ribut sama kakak kedua jadi gue kapok jalan sama dia lagi :D). Gue hampir nggak jadi tes waktu itu gara-gara fery nggak nyandar-nyandar hampir satu jam dan gue TELAATTT!!
Untungnya ada @egacs cowok jebolan Bandung yang ikutan tes di Balikpapan ini jadi notif gue, dia yang ngasih tau kalo udah ngumpul dll. Dan sekali lagi gue amat beruntung karena tesnya baru dimulai jam 08.00, bukan jam 07.30 seperti di jadwal.

 Kapal udah nyandar jam 8 kurang, kakak gue pun memacu motor udah kayak orang kesetanan. Gasnya bener-bener poollll, gue aja hampir melayang. Setelah muter-muter, gue heran kenapa nggak nyampe-nyampe, ternyata kakak gue juga masih nyari itu tempat tes. Dubrakkk!!! Gue langsung bilang, “kakaaaakkk, sekarang sudah jam 8!!” sampai akhirnya kami sampai di lokasi jam 8 lewwaattt. Jantung gue hampir lepas waktu itu, gue nggak tau apa jadinya gue!

Pas masuk ruangan, gue bener- bener peserta terakhir yang dateng. Ternyata tes belum dimulai, masih proses pengarahan dan bla bla bla tentang profil akademi ini. Sekali lagi gue beruntung! Tapi, malunya minta ampun saat gue masuk dan semua mata tertuju pada gue! Ya, Cuma GUE!! Gue coba tenang, gue harus bisa mengendalikan kondisi. Gue mau tes dan harus tetap tenang. Beberapa menit kemudian, tes dimulai. 

Gue semangat karena tangan gue lincah banget ngerjain soal demi soal, walaupun ada lumayan banyak jawaban yang gue ragukan tapi gue berprinsip untuk mengambil apapun resikonya. Gue tetep jawab, apapun hasilnya gue udah usaha. Tes pada hari itu pun selesai, saat itu juga gue berpisah sama si ega. Mungkin itu adalah pertama dan terakhir kalinya kami ketemu. Beberapa hari kemudian pengumuman, gue, lolos ega juga. Tapi, sayangnya dia pindah lokasi tes, jadi kami nggak ketemu lagi. 
  •  Psikotes 
Nah, dari ratusan orang akhirnya tersaring 120 orang untuk ikut psikotes. Gue pun cari beberapa tips untuk menghadapi psikotes dan tetep optimis. Gue tetep positive thinking, nggak ada orang yang nggak lolos tes psikologi semacam ini, hanya saja mereka sedang mencari kepribadian yang benar-benar sesuai dengan bidang tersebut. Kali ini, gue nggak telat lagi. gue siapin diri sebaik mungkin. Tes berlalu dengan lancar, saat itu gue bener-bener salut sama rival-rival gue, mereka adalah orag-orang yang cerdas, dewasa, dan punya pemikiran-pemikiran brilian soal masa depan mereka.

Gue bisa liat itu dari sesi diskusi bareng mereka, salah satu bagian dari psikotes tsb. Well, disini gue mulai deg-degan, saingan gue makin berat aja tapi justru gue makin semangat. Gue sempet mikir, setelah melalui proses panjang ini gue bakal ngerasain betapa bangganya gue kalo bisa jadi 1 di antara 20 orang yang akan diterima nantinya. Hari pengumuman tiba, goe lolosss!! Betapa senangnya. Gue pun nyiapin diri untuk tes selanjutnya, yak wawancara. Tapi, entah kenapa kali inii perasaan gue beda.
  •    Tes Wawancara
Wawancara hanya di dua tempat, Bontang dan Jakarta. So, mau nggak mau gue kudu pergi ke Bontang, tempat terdekat. Kali ini, gue berangkat bareng kakak ketiga gue (lagi). :D Tapi, waktu itu kami udah akur, udah bisa memahami satu sama lain (eciiieeee xD). Dan pas di Bontang jugalah, gue bener-bener ngerasa kalo dia kakak gue. :)

Gue kebagian jadwal sore, ternyata nggak taunya jadwalnya berubah. Alhasil, gue jadi peserta terakhir yang diwawancara. Perasaan gue bener-bener nggak enak. Pas masuk ke ruangan wawancara, gue kaget ada 4 orang yang udah stay disana. Wawancara dimulai, dan yang membuka adalah seorang bule. Iya! Ini wawancara in english dan gue nggak ada persiapan apa-apa, bahkan mental pun enggak. Wawancara itu bener-bener jauh dari gambaran gue, gambaran yang dikasi tau 3 kakak gue, beddaa!!!! Gue speechless! Gue bener-bener jadi gagu dan bingung mau ngomong apa. 

Setelah itu, ada 1 orang kelihatannya beliau ini dosen, tampangnya paling killer diantara yang lain. Beliau bertanya apa mapel yang paling gue suka, gue langsung bilang metik tanpa pikir panjang. Gue langsung disuruh berdiri di samping whiteboard. Saat itu juga gue baru ngeh untuk apa whiteboard itu dipajang disana. Gue dites!!! Gue nggak ada belajar apapun, buka buku pun enggak. Trigonometri pula! My God, ini bener-bener hantunya matematika. Saat itu gue bener-bener ngerasa bego dan oon banget. Yang gue inget Cuma pesen guru metik gue dulu, “kalian bisa lulus, lulus itu mudah! Tapi, yang akan membedakan kalian nantinya adalah kualitas kalian masing-masing.” Jedeerrrr!!! Setelah itu gue semakin disudutkan, 4 VS 1. Gue bener-bener tertekan. Gue pun harus ikhlas menerima segala cercaan dari beliau! Gue terima, karena gue memang payah!

Tes selesai dan gue bener-bener yakin akal gagal. Ternyata bener, gue gagal. gue kecewa sama diri gue sendiri, gue nggak bisa nunjukkin ke 4 orang itu kemampuan gue yang sebenernya. Gue yakin gue bisa lebih baik lagi, gue yakin bisa, tapi gue gagal, gue belum siap secara mental. Gue perlu lebih banyak belajar lagi. Gue pengen banget nngomong ke tester berkacamata itu, walaupun anda orang terkejam dan paling banyak mencaci saya. Justru saya sangat tertarik dengan anda, saya harap suatu hari saya bisa jadi murid anda atau minimal saya akan punya guru seperti anda. Gue pulang, gue nggak tahan lagi. seketika gue nangis, saat itulah kakak gue tercinta ngasih gue pencerahan supaya gue ngak down. Tapi gue mau gimana lagi, ternyata gue gagal. perjuangan gue hanya sampai tahap ini, gue tetep bangga karena gue bisa jadi 1 diantara 50 orang terbaik. Walaupun, bukan 20 tapi 50 itu sudah cukup. 
  • Tes Kesehatan
Berhubung gue nggak lolos jadi  tahap ini kita skip aja yak! :D

Itulah kisah gue ketika daftar di PNJ, detail kisah sebenarnya mungkin bakalan lebih panjang lagi dan lebih mendramatisir. seperti biasa, gue cuma mau share pengalaman. terlepas dari apa tindakan gue, gue berharap seseorang atau bahkan banyak orang bisa belajar dari pengalaman gue.Thanks for reading!

6 comments:

Anonymous said... Reply Comment

haii.,, tolong bgt dong kasih deskripe detail ttg tes psikotesnya,,,

besok sya mau tes tsb. agak nervous niihhh

adreamer said... Reply Comment

Wah, maaf ya telat nih balasnya. Mungkin sudah pengumuman ya? -__- I'm so sorry.. Kalau gitu gue doakan moga lulus ya.

Urfa said... Reply Comment

Kak, aku mau tanya.. untuk tes yg akademik nya itu soalnya sama seperti soal sbmptn atau soal un ya kak?

adreamer said... Reply Comment

@Urfa: kalau diminta ngebandingkan dg soal sbmptn sy jg kurang tau.. karena jujur aja saya nggak pernah ikut snmptn (di zaman saya namanya). Kalau menurut saya sih, mirip-mirip aja.. Hanya, seingat saya soalnya lebih mengarah untuk ilmu-ilmu yang terpakai utk prodi ini. Semoga membantu..

Unknown said... Reply Comment

kak ini bayar kah pendftarannya ?

adreamer said... Reply Comment

@Akbar Gumilang: Seingat saya enggak..