7.26.2011

Kuliah Oh Kuliah


Akhirnya ini tangan nemu pelampiasan.*Kamsud lo nyu?* Seperti biasa kepala gue penuh dengan banyak ide cerita buat ngisi blog, tapi selama berhari-hari bahkan berminggu-minggu kudu gue tumpuk di memori otak karena belum sempet nulis. Dan sekarang udah ada leppi di depan mata, alhasil jari-jari gue pun menari dengan lincahnya di atas keyboard. Oke, gue makin nggak sabar aja buat cerita. Kali ini seperti janji gue pada beberapa orang, gue bakal tulis lika-liku proses pendaftaran kuliah gue. Iya, KULIAH!! Tahun ini gue bakal kuliah. Kenapa baru sekarang ngepostnya? Sebenernya gue udah gatel pengen banget ngepost dari zaman nggak enak, tapi baru sekaranglah gue bisa mastiin sekarang zamannya tetep nggak enak. Salah!! Maksudnya, baru sekarang gue bisa mastiin dimana gue bakal nguli (baca : kuliah). Mungkin ceritanya bakal panjang, jadi jangan lupa siapin obat tetes mata di samping kalian.

Cerita berawal dari masa-masa menjelang UN SMA, dimana hampir semua pelajar bener-bener derperate sama masa depan mereka. Yak, bagi yang udah ngalamin pasti tau gimana rasanya ada di semester akhir Sekolah Menengah Atas. Sekalipun itu orang jenius, pasti ada rasa sedikit stres ngadepin tes demi tes. Kecuali, orang yang bener-bener udah nggak peduli lagi sama masa depannya. Nah, selain mikirin deadline UN yang seremnya ngalah-ngalahin @poconggg gue dan beberapa temen gue udah mulai dikejar-kejar deadline untuk milih jurusan di Universitas. Sebelum UN, kami harus mengikuti SNMPTN Jalur Undangan yaitu seleksi masuk PTN tanpa test.
Kalau zaman dulu dikenal dengan istilah PBUD, dll. Tahun 2011 cara pendaftarannya sedikit berubah, kami bebas memilih 2 PTN di seluruh Indonesia dan dilakukan secara online tanpa harus mengirim berkas. Nah, masalahnya adalah MEMILIH JURUSAN.
Berburu info via internet sudah! Nanya-nanya ke orang yang lebih pengalaman udah! Tes minat dan bakat, juga udah! Tapi, tetep aja bingung harus milih apa. Bentar yakin sama yang ini besok berubah lagi. Intinya, masih takut salah memilih. Soalnya keputusan pada saat itu akan menentukan hidup kami di masa depan. Oke, gue udah nentuin mau masuk apa. Konsultasi sama orang tua, DITENTANG!!

Ortu kekeuh gue kudu kuliah di bidang kesehatan, sementara gue pengennya teknik. My God.. Rasanya bener-bener tertekan. Mau nurut, tapi hati rasanya berat. Mau bantah, kuliah kan yang ngebiayain orang tua. Gue pun langsung galau tingkat tinggi. Bersyukur, waktu itu gue ketemu guru agama gue. Beliau menyarankan gue shalat istikharah, gue lakuin. Pas malam itu, gue lipet-lipet kertas kecil gitu, buat milih Univ sama jurusan. Dan, taraaa... keluarlah Unlam a.k.a Universitas Lambung Mangkurat bidang kesehatan. Entah kenapa, gue bener-bener yakin buat milih itu meskipn awalnya gue kekeuh nggak mau. Gue pun milih jurusan farmasi, padahal rata-rata orang nyaranin masuk kedokteran atau bidan. Gue : Oggaaahhh!!! Ngeri kalo harus liat darah-darah gitu. *bawaannya merinding disko* xD

Taukah kalian, awalnya gue sempet kepikiran milih ITB di pilihan univ pertama, gue pengen masuk teknik. Tapi, nggak jadi. Yang jelas gue pengen kuliah di tempat yang jauh, gue pengen merantau dan ngerasain gimana hidup sendiri. Buat gue, “perempuan” itu bukan alasan, memangnya perempuan nggak bisa mandiri. :P Gue pengen ngebuktiin itu. Pas hari pendaftaran, gue akhirnya milih Farmasi Unlam.

UN SMA pun berlalu, gue bener-bener double deg-degan nunggu dua pengumuman sekaligus. Yap, pengumuman UN dan SNMPTN Undangan hampir bersamaan. Tanggal 16 Mei hasil UN diumumkan, syukur Alhamdulilah semua siswa di sekolah gue lulus. Tanggal 17 jam 19.00 WIB, SNMPTN Undangan diumumkan, alangkah senengnya gue waktu itu karena lulus di Univ dan Jurusan di pilihan pertama, ya gue lulus Farmasi di Unlam. Gue pun bener-bener tenang karena waktu itu udah diterima dan nggak perlu repot-repot lagi ikut tes masuk kuliah. Ternyata, gue salah besar!!! Justru, lika-liku kuliah gue baru dimulai.

Setelah diterima, apa lagi yang harus dilakuin kalau bukan daftar ulang. Awalnya, gue biasa-biasa aja. Tapi, setelah tau nominal dana untuk sumbangan gue galau (lagi). Gue nggak mungkin tega meres orang tua gue bayar puluhan juta demi kuliah, waktu itu kepastian tentang beasiswa gue pun belum jelas. Jadi gue bener-bener bingung harus gimana, gue udah bertekat untuk kuliah tanpa membebani orang tua. Tapi, deadline waktu daftar ulang nggak bisa ditolak, saat itulah dateng tetangga gue bawa koran. Di situ ada info beasiswa penuh Poltek Jakarta, nah dia pun promosi depan mak bapak gue. Alhasil, gue disuruh daftar dan ikut tes. Awalnya gue nggak mau. Tapi, gue mikir mungkin ini jalan keluarnya. Gue bisa kuliah teknik pengolahan gas, jauh, dan dapat beasiswa, bener-bener sesuai sama yang gue harapkan. Dan mau nggak mau gue tinggal farmasi unlam. Gue nggak datang untuk daftar ulang tapi justru ikut tes di Poltek Jakarta yang sampai 5 tahap itu.

Tahap demi tahap terlewati, sampai akhirnya gue lolos sampe tahap psikotes, 50 besar dari ratusan orang. Gue makin optimis, tapi di saat yang bersamaan gue dapet telepon dari Unlam, mereka bilang beasiswa gue diterima dan waktu daftar ulangnya pun diperpanjang. Bener-bener berkah, kabar gembira buat gue. Gue pun ke Banjarmasin daftar ulang, dalam benak gue farmasi ini gue jadiin cadangan. Tapi, gue kembali di hadapkan masalah, gue harus tes wawancara ditanggal yang sama dengante kesehatan dan psikotes di Unlam.

Akhirnya, gue harus mengorbankan salah satunya lagi. Gue minta saran dari beberapa orang, salah satunya @jannahkha, kebanyakan mereka bilang pilih yang pasti-pasti aja, yang udah jelas keterima. Gue juga mikir gitu, tapi gue nggak mau menyia-nyiakan kesempatan. Gue udah berusaha untuk sampai ke tahap 4 cita-cita gue, gue nggak boleh nyerah. Gue ngelawan segala keraguan gue, gue bakal ikut tes wawancara, gue harus berani mengambil keputusan dan menghadapi resikonya. Gue shalat istikharah, dan ternyata berkali-kali selalu Unlam yang terpilih. Dari situ gue mulai ragu, tapi gue nggak bisa mundur lagi. Gue tetep pergi ke Bontang untuk ikut tes wawancara, sekalipun gue gagal gue harus terima dan nggak boleh nyesal. Ya, gue nggak akan nyesal karna gue udah mencoba. Gue percaya selalu ada jalan kalau kita mau berusaha.

Benar aja, tes wawancara nggak berjalan dengan lancar (sekedar informasi, pas gue wawancara dan bener-bener ketakutan, di rumah ibu gue mendadak sakit panas dingin nggak jelas. Gue baru tau, ternyata seorang ibu memang punya ikatan batin dengan anaknya). Gue bener-bener yakin bakal gagal, jadi sejak saat itu gue nyiapin mental. Beberapa hari kemudian pengumuman, gue nggak berharap banyak. Ternyata, gue beneran gagal. Gue sama sekali nggak sedih, tapi gue nangis. Gue nangis liat orang tua gue yang harapannya runtuh begitu aja. Gue marah sama diri gue sendiri, harusnya gue bisa lebih baik lagi, harusnya gue bisa buat mereka bangga. Gue kecewa banget. Banyak orang yang berharap ke gue, banyak banget bantuan yang udah gue terima, dan banyak banget pengorbanan yang harus gue lakuin, tapi semuanya lenyap begitu aja.
 
Status gue pun makin nggak jelas, gue hampir depresi. Gue kehilangan semuanya. Gue bahkan sempet mikir bakal nunda setahun, tapi ngeliat ortu yang mulai sakit-sakitan rasanya gue nggak tega. Gue pengen tetep kuliah, gue pengen cepet kerja dan banggain ortu gue, gue nggak bisa berdiam diri apalagi sampai satu tahun. Gue pun nelpon ke rektorat Unlam, mereka bilang akan segera ngasih kabar kalau gue bisa tes kesehatan susulan. Gue dapat kabar kalau psikotes dibatalkan, gue bener-bener bersyukur. Gue nunggu beberapa hari, tapi gue nggak juga dapat kabar. Gue telepon lagi ke pihak Unlam di Banjar Baru, mereka bilang nggak tau dan nggak berani ngasih kepastian. Gue hubungi Rektorat lagi, nggak ada jawaban. Sampai akhirnya gue dapat telepon, gue bisa nyusul! Rasanya seketika itu juga gue pengen jingkrak-jingkrak. :D Gue bener-bener bersyukur, ternyata rezeki gue memang disana. Disanalah gue seharusnya, dua kali gue dapat petunjuk dan ternyata bener. Sekarang gue nggak ragu lagi. Gue akan jadi mahasiswa farmasi, entah kesulitan apalagi yang akan gue hadapi nantinya. Tapi, gue yakin gue pasti bisa menghadapinya. Karenaa, “Ada banyak jalan menuju Roma”.

Pesan dari tulisan gue ini, khususnya buat adek kelas gue :
  1. Jangan ragu untuk milih jurusan di luar daerah, optimis untuk diterima. Jujur, gue sedikit nyesel nggak milih ITB waktu itu, walaupun gue ragu setidaknya gue nggak akan nyesal sendainya udah nyoba. Tapi, sekarang nggak ada lagi yang harus gue sesali. Gue percaya, Allah bakal nunjukin jalan yang terbaik buat kita.
  2. Jangan putus asa, setiap masalah pasti ada solusinya. Toh, yang terpenting kita udah berusaha semaksimal mungkin.
  3. Ridho orang tua adalah ridhonya Allah, terbukti gue keterima di jurusan yang direstui ortu gue. :) 
  4. Gue nggak tau apa tindakan gue sepenuhnya benar atau salah, tapi gue berharap ada hal-hal kecil yang bisa orang lain pelajari dari pengalaman gue. Ingat! Orang pintar belajar dari pengalaman, orang bijak belajar dari pengalaman orang pintar.
  5. Terakhir, saat lo ikut tes atau sejenisnya. Jangan mengejar materi atau kekuasaan, dan segala kesenangan setelah apa yang lo mau tercapai. Tapi, berusahalah untuk tulus sepenuhnya demi cita-cita lo. Semua itu bakal lo dapetin kok seiring dengan prestasi.
Ok guys, rasanya tulisan gue udah panjang lebar dan mata gue pun udah mulai pedih. Gue rasa postingan ini udah menjawab pertanyaan sekumpulan orang yang terus nanya ke gue, “Kuliah dimana nyu?”
Akhirnya gue bisa jawab, “Gue kuliah Farmasi di UNLAAAAAMMMM!!!” hahahaha
Tunggu postingan gue selanjutnya tentang lika-liku kuliah gue versi per tahapnya yak, gue bakal nulis laporan perjalanan gue ke Samarinda, Bontang, dan Banjarmasin.

2 comments:

Unknown said... Reply Comment

kak bisa jelasin dengan detil bagaimana cara kakak mencoba sholat istikharah? saya baca, kakak nulis-nulis nama univ itu maksudnya gimana ya kak?

adreamer said... Reply Comment

@Unknown: Sila hubungi ke email aja ya adik >> siti.rahayu25@gmail.com ;)