11.26.2012

My Fav Site


Selamat pagi.. *buka jendela* *ambil napas* *lanjut nulis*
Satu hal yang cukup gue suka di pagi hari adalah membuka tirai dan jendela kemudian menghirup udara segar. Udara pagi itu memang jauh berbeda, sejuuuukkk banget.
Pagi ini, pengen berbagi beberapa website yang sering gue kunjungi. Entah untuk mencari hiburan atau untuk belajar. Ini dia, pertama website untuk menghibur diri :D :

Ini adalah kumpulan joke-joke dari para mahasiswa. Cobain buka deh, segala kekonyolan, pahit, dan pedihnya kehidupan mahasiswa ada. Kalau gue bilang ini web isinya mahasiswa banget. Hampir semuanya memang pernah kejadian atau dialami mahasiswa. Bener-bener ngocok perut tapi bikin pedih. Kenapa? Karena sesungguhnya yang kita tertawakan adalah kita sendiri. Mirip-mirip sih sama 9gag.com tapi ini Indonesia punya lah..


Kalau yang tadi adalah web nya, yang enih adalah official twitternya. Bedanya di sini yang nulis cuma satu si mimin yang super kampret :D. Entahlah dia siapa, tapi gue lebih suka kalau suatu official twitter tetep jadi official twitter meskipun followernya makin banyak. Bukannya dimanfaatin buat ngedapetin follower baru dia jadiin akun pribadi. -__-
Di twitter ini, nggak sekedar hiburan sebenernya. Kadang, ada aja sentilan-sentilan dari si mimin yang rasanya 'nabok' dan 'nampar' yang bikin gue mikir.. "Iya ya..bener juga." Yang kadang ngasih sedikit pencerahan biar jadi mahasiswa yang mikir. I love this account, because i love the way he thinks. :)

Yang ini mah nggak usah lagi diterangin buat apa. Berita-berita atau hal-hal baru juga banyak kok dalam bentuk video.
Gue juga baru-baru aja main di web ini. Di sini bisa ngerekam ataupun ngedengerin rekaman suara orang lain. Biasanya gue suka nyari lagu-lagu yang susah dicari via web-web musik gratisan :))

5. Scribd
Nah, akhirnya sampai ke web buat belajar. Kalau nyari-nyari jurnal atau bahan tugas biasanya gue lebih sering nyari di scribd. Soalnya lumayan banyak dan cukup bagus buat dijadika acuan. Tapi yang bikin nggak enak adalah ketika koneksi kita cukup lambat, pasti berat ngebuka web satu ini. Makanya pastikan koneksi kamu lumayan bagus. Banyak temen-temen yang ngeluh males ngebuka scribd karena katanya nggak bisa ngunduh dokumen-dokumen di web ini. Kata siapa? hehe Dulunya juga gue bingung tetapi ternyata sistem yang dipunya scribd adalah barter. Jadi kamu harus memberi sesuatu untuk mendapatkan sesuatu. Artinya, kamu harus mengupload dokumen supaya bisa mengunduh dokumen. Tapi jangan lupa bikin akun dulu. ;) Gue mah ngeluh ngebuka ni web kalau koneksi lagi kayak siput, apalagi kalau kepepet deadline.

Masih soal jurnal, di google scholar kita bisa dapetin berbagai macam jurnal nasional maupun internasional. Sayangnya memang nggak semuanya gratis. Jadi temen-temen musti nyoba-nyoba siapa tau beruntung. Cukup bagus untuk jadi tempat mencari referensi.

Ini nih buat yang males ke perpus kayak gue. :D Bukannya males sih, justru kalau ke perpus gue bawaannya larut jadi berlama-lama. Jadi gue sering manfaatin fasilitas preview dari google book untuk mencari bahan referensi. Menurut gue lumayan mempermudah, karena bisa dilakukan di kos sendiri, mungkin sambil istirahat atau apapun itu. Soal ini, temen-temen juga banyak yang ngeluh. Kalau gue sering nyaranin buat ngedownload aja buku-buku di web ini. Tapi banyak yang bilang nggak bisa dan nggak ngerti caranya. Padahal coba deh cari tutorial-tutorial tentang google book downloader dengan greasemonkey. Cukup banyak yang sudah membuat tutorialnya, bahkan gue udah dua kali pasang karena waktu itu dengan terpaksa harus menguninstall firefox gue. Oh iya FYI, google book downloader itu berlaku untuk browser mozilla aja, so buat browser lain mah "it doesn't work!" :D Silahkan dicoba buat teman-teman yang mungkin saja terkendala untuk ke perpustakaan misal karena libur ataupun sibuk.

Hmmm.. apa lagi ya situs yang sering gue datengin? Biasanya mungkin twitter ust.felixsiauw untuk dapet beberapa pencerahan. :D Atau blognya bang benakribo buat dapet inspirasi apa-apa aja yang lagi in buat muda-mudi, nyunyu.com mungkin bisa juga jadi tempat hiburan, dan jangan terakhir my personal twitter yak:

No comments: