8.09.2012

Bermanfaat Bagi Orang Lain

"Selamat atas keberhasilan ananda teruslah berprestasi dan jadikanlah dirimu bermanfaat bagi banyak orang."

Sebuah pesan sederhana yang pernah gue dapet ketika smp. Waktu itu adalah hari pengumuman kelulusan. Seperti layaknya pengumuman apapun, tentu saja menegangkan. Tapi, pada hari itu semua terasa berbeda. Semua orang di sekolah menatap gue dengan tatapan yg aneh, kebanyakan adalah para orang tua siswa.

Ya, pengumuman kelulusan waktu itu memang melibatkan kehadiran orang tua. Sungguh kalau boleh gue katakan, itu adalah hari yang sangat membahagiakan sejak gue tau apa yang sebenarnya tertulis di koran genggaman orang-orang. Di sana nama gue tertulis sebagai lulusan terbaik, bukan cuma tingkat sekolah bahkan juga tingkat kabupaten/kota. Ucapan demi ucapan mengalir ke gue. Jelas gue nggak bisa menutupi kebahagian gue, apalagi gue membawa serta orang tua gue. Setidaknya ada sedikit rasa bangga di hatinya ngeliat keberhasilan gue.

Sewaktu pengumuman, gue diminta ngomong sepatah dua patah kata. Mungkin waktu itu hati gue terlalu ngembang, terlalu gembira sampai gue lupa harus ngomong apa. Tapi begitulah rasanya, kenangan yang nggak bakal gue lupa. Gue dapet beberapa hadiah dari guru-guru gue karena mendapat tiga nilai tertinggi dari empat mata pelajaran. Sampe sekarang masih ada. Dan.. satu hadiah yang tentu masih ada sampe sekarang dan baru ku pahami sedikit artinya adalah pesan di atas. Mengapa sedikit? Karena upaya gue untuk melakukan hal-hal yang berguna buat orang lain mungkin masih sedikit, sementara gue yakin dengan pemahaman akan pesan itu, banyak hal-hal yang bisa gue lakuin. Sesuatu yang bermanfaat. Keadaan dimana saat gue ada di sekitar orang lain mereka akan merasa lega. :)

No comments: