4.30.2013

Menemukan Diri Sendiri

Selamat malam.. siapapun yang membaca ini. Sekarang ukul 00.45 dan aku belum tidur. Tau artinya apa? artinya aku sedang tidak bisa tidur, ya mungkin bisa dibilang tidak cukup ngantuk seperti biasanya. Apakah ada yang sedang ku pikirkan? Ya tentu ada.

Baru kemarin selesai acara himpunan LK (Latihan Kepemimpinan) 2013 atau lebih akrab disapa makrab, malam keakraban. Nggak kerasa, satu tahun lalu aku berdiri di dalam barisan menjadi salah satu peserta. Peserta yang dimarahi-marahi senior, lari kocar-kacir ketika mendengar sirine, gugup setengah mati serta letih luar biasa. Sekarang, aku juga berdiri di sana namun di depan mereka, dengan posisi yang berbeda. Acara ini berlangsung sukses menurutku, rame dan luar biasa. Serangkaian acara yang diisi dengan debat, presentasi, penyampaian materi kepemimpinan, sharing, saling berkenalan, pentas seni, jurit, senam bersama, makan bersama, outbond, bagi-bagi hadiah dan nggak ketinggalan sedikit aksi panitia bakar-bakaran. :D

Pertama, aku ucapkan terima kasih untuk semua panitia yang sudah melaksanakan tugasnya semaksimal mungkin, yang tidak tidur semalaman, yang makan seadanya, dan lelah sebagaimana adanya tuntutan. Di sini aku bukan termasuk panitia, tapi penanggung jawab. Meskipun begitu, bisa ku rasakan lelahnya mereka semua. Aku boleh dibilang panitia serabutan yang menclok sini menclok sana. :) Tapi, itu menyenangkan, bisa merasakan apa yang dirasakan mereka semua, bisa membantu teman-teman panitia meskipun sedikit.

Kedua, untuk peserta. Tanpa kalian acara ini juga nggak akan berjalan. Ya jelas, sasarannya nggak ada. :D Semoga kalian menjadi kader-kader yang luar biasa ya.. Semoga acara ini nggak cuma sekedar 'rame' tapi memberikan perubahan dalam diri kalian. Ingat, pemimpin itu bukan buah yang bisa dikarbitin. Tapi pemimpin juga perlu proses. Meski begitu, kami panitia berusaha semaksimal mungkin untuk menjamin kalian akan terlahir kembali dengan 'setidaknya' satu perubahan.

Banyak hal yang bisa dipelajari dari kegiatan ini, termasuk bagiku. Di sini aku pun belajar dan menemukan satu pencerahan. Ada satu motivasi yang disampaikan oleh salah satu pemateri, isinya kurang lebih begini, kita harus menentukan tujuan dan harus tetap melihat tujuan kita. Dari situ, aku mulai menyadari satu kesalahanku. Mungkin akhir-akhir ini postingan blogku selalu bertemakan 'blue feelings', galau.  Setelah dipikir-pikir, ada yang salah. Iya, kesalahannya adalah aku nggak tau apa tujuanku dan dimana tujuanku sekarang berada. Tujuan yang harusnya jadi pedoman, pegangan. Selama ini aku kehilangan itu, sehingga terlalu rapuh dan mudah goyah.

Sekarang, aku sudah menemukannya dan mengingatnya. Insya Allah aku akan kembali seperti aku biasanya. Seperti ayu yang selalu kuat, tegar, semangat dan pantang menyerah. :) 

Mungkin benar, sesekali kebingunga akan membuat kita tersesat, kehilangan arah dan kemudian menemukan diri sendiri.
Pesan dari kak karun, beliau selalu mengingatkan bahwa aku pasti bisa melalui ini semua dan ketika aku sudah sampai pada ujungnya, aku akan jadi pribadi yng berbeda yang tentu saja jauh lebh kuat dari sebelumnya. Saya percaya itu kak, saya percaya.. :)

No comments: