3.26.2015

Naik Level


Saya pernah menuliskan tentang kehidupan tidak akan pernah menjadi lebih mudah di sini. Setiap saat kita dihadapkan pada tantangan baru, kesempatan baru, kesulitan baru. Semuanya, tidak pernah lebih mudah, semuanya semakin sulit dan berat. Namun tentunya, kita pun semakin berkembang menjadi pribadi yang lebih kuat dan tangguh.

Seperti sedang bermain game, level permainannya semakin lama akan semakin sulit. Untuk melalui satu level baru, kita harus berusaha memikirkan trik atau cara baru yang berbeda saat memainkan level sebelumnya. Bahkan, kita harus bertahan lebih lama. Saat gagal kita akan mengulangnya kembali, kemudian mencari tahu dan mulai memahaminya. Jika cara ini tidak berhasil, maka mungkin cara itu akan berhasil. Kita mengulangnya, berusaha sampai melalui setiap level dan mencapai level tertinggi, tersulit.

Sayangnya, menjalani kehidupan ini (mungkin) tidak semenyenangkan bermain game. Saat kita berhenti pada satu level, kita akan dengan mudah merasa harus menyerah. Kita tidak akan dengan senang hati mengulangnya, mencoba cara lainnya. Kita tidak akan setangguh itu dalam memperjuangkan level yang sama. Mungkin, level saya sampai di sini saja. Mungkin, kehidupanku memang hanya sampai seperti ini saja.

Berbeda, akan berbeda ketika kita terus berusaha untuk mencapai level yang lebih tinggi. Seperti bermain game tadi, kita akan mengulangnya. Kita akan mencoba cara yang lainnya. Kita tidak akan pernah bosan mencari cara baru, memahaminya dan mengulang kembali level yang sama. Karena di saat seperti itu, kita menyadari bahwa kita sedang berusaha untuk menaiki level yang berbeda, yang lebih tinggi. Kita berusaha untuk menjadi lebih baik, lebih kuat, dan lebih tangguh dari sebelumnya.

Ketika kehidupan menghadapkanmu pada sebuah ujian, tantangan, dan kesempatan, itu adalah sebuah 'permainan'. Permainan yang akan membuat kita belajar, bersyukur, berjuang, bangkit, tidak menyerah dan menjadi lebih baik. Tentu saja menjadi lebih tinggi levelnya dibandingkan sebelumnya.

Baertahanlah.. Berjuang itu sederhana, tidak berhenti adalah berjuang. Dan menyerah, tidak pernah menjadi pilihan mereka yang sungguh-sungguh sedang memperjuangkan apapun.

No comments: