3.30.2013

Padamu Aku Takluk (Nyamuk)


Pada penasaran nggak sih sebenernya kenapa gue pernah bikin postingan "Cepet Sembuh Ayu"? Nggak ada yang penasaran ya? Yaudah, biarpun nggak ada yang penasaran gue akan tetap cerita. ヾ(´∇`)ノ Jadi, waktu itu gue pulang kampung selama 5 hari. Sedih memang cuman bisa bertahan di rumah selama itu, karena memang ada tanggung jawab yang harus gue lakukan. Apa itu? Rapat himpunan. Ah, ternyata gue kepilih jadi wakil ketua himpunan. Setelah melalui banyak peristiwa. (´∇`) Singkat cerita begitulah. Waktu itu, kelihatan bapak ibu berat banget ngelepas gue balik lagi ke Banjarbaru. Ya, gue aja masih kangen apalagi mereka. Tapi, mau nggak mau memang gue musti balik.

Malam itu, entah kenapa gue kekeuh banget nggak mau makan. Padahal, udah dipaksa-paksa ibu. Tapi gue tetep berkilah, gue kenyang, males makan, nggak laper dan satu hal yang justru berbalik 180 derajat "I'm fine". Ternyataaa.. selama di bis badan gue meriang (bukan berarti menjadi riang). Gue kira cuma sekedar capek aja, ternyata sampai Banjarbaru bukannya membaik badan gue makin panas. Waktu itu, muka udah pucet banget. Gue sampai pada satu kesimpulan, typhus gue pasti kumat. Setelah mengingat-ngingat kembali makanan apa yang gue masukkan ke perut dengan semena-mena selama 5 hari. Kalau nggak asem ya pedes! Iya, makanan yang jarang banget bisa dinikmati di Banjarbaru. Sayangnya, akibatnya fatal. Gue malah tumbang pas balik. o(╥﹏╥)o





Gue minum obat turun panas, panasnya turun bentar, naik lagi. Gue menggigil, gue kepanasan. Gue minum obat lagi dan panas sempet turun, jadi gue bisa turun rapat. Ternyata ketika rapat, panas gue naik lagi dan saat itu rasanya gue bener-bener nggak kuat nahan. Sakit, panas dan dingin jadi satu. Gue sebelumnya udah memprediksi panas badan gue bakalan naik lagi, jadi gue minta mira nemenin ke dokter (kakak nisa). Setelah diperiksa, dikasih resep. Gue pulang, mira beliin obat. Beberapa jam rasanya badan gue membaik dan mira izin balik ke kosnya sendiri. Ya gue iyain aja. Ternyata tengah malem, badan gue panas lagi dan seandainya ada yang liat pasti serem deh ngeliat gue gelimpangan ke sana ke mari. Tidur yang paling menyiksa memang ketika demam kayak gitu (╯︵╰,).

Kalau nggak salah, dua hari gue kekeuh di kos aja. Gue yakin kalau gue pasti sembuh, seperti yang sudah-sudah. Tapi di hari ketiga (kalau nggak salah), akhirnya gue nyerah dan mau ke rumah sakit. Gue merasa, nggak ada perubahan dan rasanya semakin lemah. Oke, FYI ini adalah kali pertama gue sakit sampai dirawat di RS. Gue nggak suka RS, nggak suka jarum suntik. Tapi, di sinilah.. gue harus melawan semuanya..

Diagnosis dokter gue sakit thypus, tapi setelah cek darah, ternyata sepaket sama DBD. Mau nggak mau musti dirawat inap. (╯︵╰,) Sejak saat itulah, setiap pagi gue harus berhadapan dengan jarum suntik. Entah ambil darah, atau ganti infus yang buntu. Waktu itu, baru bangun tidur, perawatnya udah dateng minta darah *kayak vampir*, minum juga belum. Alhasil, pembuluh darahnya pecah dan perawat itu dengan entengnya bilang nanti aja ke sini lagi. Aaa.. Kamu tak tau perihnya akuu sus.. Adalagi, waktu itu tangan kanan udah bengkak, jadi infusnya harus dipindah ke sebelah kiri dan kejamnya si perawat itu nyucuk-nyucuk tangan seenaknya, kasar banget! Errrgghh.. Setiap kali perawat bawa obat juga sampai lima macam jarum suntik! Belum yang diminum. Emang nggak disuntik secara langsung, cuma lewat infus. Tapi, tetap sakiiiittt..

Kakak kedua sempet datang,lalu disusul Ibu dan Ibu juga sampai ninggalin ade gue di rumah beberapa hari, lebih dari seminggu dan ternyata ade gue sampai jatuh sakit juga. Saat itulah, Ibu mau nggak mau harus pulang, karena gue sadar betapa perlunya sebuah rumah akan kehadiran seorang super-mom. Super-mom yang harusnya nggak diem aja ngejagain anaknya yang manja ini. Setelah sekitar 5 hari di RS gue diijinin pulang meskipun dengan kondisi trombosit yang masih meningkat sedikit. Rasanya beda, ketika lepas dari infus dan segala oat-obatan itu. Badan gue rasanya lemes, gampang capek, dan serasa melayang-layang. Sekitar 2 minggu gue berusaha survive untuk bener-bener bisa pulih seperti biasa, karena waktu itu, waktu praktikum sudah menghadang di depan mata. Sempat rasanya aku putus asa bisa bertahan menghadapi perkuliahan dan praktikum yang bahkan dalam keadaan sehat aja membuat bada jadi sakit. Apalagi dengan kondisi begini? Kakak, bahkan nawarin gue ambil cuti kuliah, tiket pesawat siap di-booking. Seandainya waktu itu gue nyerah, mungkin gue nggak akan di sini.

Demi bisa sehat, akhirnya gue harus nurut lagi menghadapi jarum suntik. (╯︵╰,) Gue dijadwalkan suntik sebanyak tiga kali, atau bahkan bisa lebih supaya bener-bener pulih. Untungnya cukup 3 kali, gue sudah cukup membaik. Ketika ditawari lagi, gue bergidik! Nggak! :D Demi menenangkan hati Ibu, gue cek darah dan periksa kondisi. Dan taraaa.. Akhirnya dikatakan semuanya sudah baik-bak saja, normal. Senang? Pasti.. Gue dikasih resep vitamin buat ngilangin rasa melayang-layang di udara. :D Ternyata gitu ya rasanyange-fly. Ngomong sama orang bawaannya nggak nyambung dan serasa nggak nginjek tanah. :D

Oh iya, ada satu peristowa konyol sewaktu gue beli kue sore-sore. Waktu itu, gue bilang sama Ibu sudah sehat kok, sudah kuat dan nekat jalan. Ketika sedag antri, dengan kepala yang belum stabil itu, gue rasanya hampir aja nyemplung ke selokan tanpa sadar. Ketika gue sadar, gue sudah ada di posisi megangin wadah adonan roti pisang yang kental. Seandainya nih ya, adonan itu tumpah, gue pasti bakalan diomelin, yaiyalah dagangan orang diancurin! :D Syukur nggak.

Masih banyak hal-hal luar biasa lainnya, yang memberi gue satu lagi pengalaman berharga. Itu sudah berlalu, dan ternyata memang sudah berlalu. Satu hal yang gue sadari, jangan sampai kita lupa untuk menjaga nikmat sehat karena nikmat itu sering kita lupakan, dan baru disadari ketika kita kehilangannya.

Gue nggak sendiri, dalam menghadapi ini ada mira, Ibu, Bapak kos, juga Kakak, Ibu, Bapak.. Mereka semua yang silih berganti ngejagain gue, entah di RS atau di kos. Makasih mira sudah jadi Ibu pertama, yang mau ngejagain bahkan sampe ngerokin gue. :') Ibu dan Bapak kos, yang udah kayak orang tua sendiri, entah harus balas dengan apa.  Juga, keluargaku yang luar biasa, yang selalu membopongku supaya tetep berdiri tegak, apapun kondisinya, seberat apapun masalahnya. Terima kasih juga buat Nisa, Kakak nisa dan mamanya yang mau direpotin walaupun sendirinya lagi repot, serta semua teman-teman yang udah ngedoain. Entahlah, meskipun gue bukan tipe orang yang bisa bilang secara langsung betapa besar rasa terima kasih gue, tapi di sini di dalam hati, I do. Gue nggak bisa balas apa-apa, biar Dia yang membalas semuanya. :)

Dan untuk sang Maha Pencipta, terima kasih untuk kesempatan hidup ini.

No comments: