8.14.2011

FINAL REPORT II

Part 3
Perjalanan ketiga adalah ke Banjarmasin. Kali ini gue pergi sendiri akhirnyaa... nggak murni sendirian sih, tapi bareng sama 2 orang temen gue. Nggak tau kenapa perjalanan kali ini nyendat mulu. Malam itu, gue nunggu bis bareng temen-temen gue. Ya nggak lama sih, cuman sempet gue lumutan tu bis baru dateng -__-“.  Berhubung lagi bulan puasa, gue sengaja minta dibawain bekal sama mak tercinta. Yah males aja gitu ntar turun-turun, sukur juga kalo ada turun biasanya tuh bis kalo masih kosong udah kek kesetanan aja “Racing Sesama Bis” (bayangin deh.. gue aja selalu harap-harap cemas kalo naik bis).
Jadi gue bawa ini dan itu, sempet dibawain telur rebus sama emak, gue nggak mungkin nolak, beliau udah cape-cape rebusinnya coba mana tega guee.. Tapi, tiba-tiba aja si kakak gue nyeletuk, “Emang boleh apa bawa telur?” Gue nggak ngerti maksudnya apa, dari raut wajah emak gue keliatan lagi nyembunyiin sesuatu. Seperti biasa, bukan gue kalo nggak penasaran. Gue korek-korek (kok seronok gini bahasanya) informasi dari babe, beliau bilang ada mitos nggak boleh bawa telur waktu masuk area gunung rambutan ntar bla bla bla.. “Makanya makan telurnya sebelum sampe sana!” si emak nyeletuk (-___-). Eh si kakak malah nakut-nakutin, ya gue sukses jadi parno sendiri. 

 
Awalnya gue nggak peduli, ah cuman mitos asal nggak percaya nggak masalah. Tapi, gue malah lebih takut lagi kan satu bis ada banyak nyawa sapa tau satu di antara mereka percaya, atau bahkan gue sendiri nggak sadar percaya. Yaudah, demi keamanan bersama gue tinggal aja tuh telur di kamar. Gue sembunyiin di bawah tumpukan tas, semoga dia nggak balas dendam suatu hari karena gue telantarin ( haha #SinetronAbiss ).
Bis datang, kami berangkat. So far masih nyaman-nyaman aja, sampe tiba waktu saur. Bener aja dugaan gue, itu bis nggak berhenti-berhenti jadi kami putuskan untuk saur dalam bis. Sekali lagi, bayangkan ya.. makan dalam kondisi goyang kanan dan goyang kiri. Untung gue udah sering jalan jauh jadi nggak ada penyakit mabukkan lagi, dan alhamdulillah perut gue bisa diajak kerjasama (disini gue ngerasa kayak anak TK lagi hihi, menjadi anak TK sesaat asik juga). Nggak lama kemudian, ternyata tuh bis berhenti beberapa menit sebelum imsak. Sudah jelas, nggak ada yang mau nyaur. Kami bukan peserta pencetak world rekor kali, makan banyak dalam waktu singkat.
Lanjut! Beberapa kilometer jalan bis berhenti lagi, eee tumben. Ternyata bannya bocor, yak! Artinya nunggu lagi, grrr.. padahal rencana kami pengen sampe secepatnya, langsung ke rektorat dan nyelesein semua urusan. Tapi ternyata gagal! jam 12 baru sampe, badan kami juga udah bau bis abis. Akhirnya, kami pun menginap di rumah saudara temen gue di Banjarbaru. Sore harinya kami jalan liat kosan, dengan motto Go Green kami pun naik Mersikil sekalian liat-liat pasar ramadhan cari menu berbuka. Dari kosan kami belanja buat berbuka, beli bakso segede-gedenya #Apasih. Padahal gue nggak demen-demen amat sama bakso, entah waktu itu kesurupan apa. Dan pada akhirnya, sesuai dugaan kami kekenyangan dan nggak sanggup makan itu bakso. Nggak sampe situ, sekitar jam 9 kami jalan (lagi), kali ini ke Hero. Kami sudah lelah dengan program Go Green dan beralih ke Gotig ( gonceng tiga) :D. Hari itu rasanya benar-benar melelahkan, sampe rasanya kaki ini entah dimana keberadaannya, pegelll cyiiinn.. (bontot pun semakin kekar LOL)
Besoknya, kami ke Banjarmasin. Seperti biasa, kami disana itu cuma beberapa menit aja ambil KTM, KRS, dan buku pedoman udah! Pulang lagi. memang deh ya, yang berkesan dari sebuah perjalanan itu bukan tujuannya tapi proses menuju kesana dan segala hal-hal tak terduga yang terjadi (seperti yang gue alamin) J).
Sorenya kami pulang, nah disini gue punya cerita yang random abis. Berhubung bis yang gue tumpangi sepi, jadi banyak kursi yang kosong. Betapa ini anugerah bagi gue. Selain bisa milih tempat, gue bisa sesuka hati duduk di kursi yang mana aja sendiriaannn.. (nggak kayak berangkat yang penuh sesak dan berjejalan sekalipun udah pesen tiket). Yah, kan gue bertiga bareng temen gue, jadi gue yang kebagian duduk sendiri. Tapi ternyataa.. (jeng jeng) Gue salah, salah banget. Duduk sendiri itu memancing orang-orang asing datang. Pertama nih, malem-malem gue emang lagi nggak bisa tidur. Eh, gue tiba-tiba aja disamperin sama kenek bis. Awalnya gue nggak tau dia siapa. Dia langsung aja duduk tanpa permisi dan tanpa peduli gue ke ganggu atau nggaknya. Jelas dong gue kaget, kalo tiba-tiba gue diculik atau dihipnotis gimana? Bukannya lebay sih, cuman antisipasi aja. 

Dulu, gue pernah nggak sengaja dibonceng ama Gremo. Suerrr!! Waktu itu, gue pulang sekolah sendirian JK alias jalan kaki. Cape benerr dah waktu itu, dan ketika tuh om-om dengan muka malaikat nawarin gue tumpangan ya gue seneng tiada tara dong yah, abisnya minta jemput orang rumah nggak ada yang gubris. Tiba-tiba pas di jalan itu orang nanya ke gue, ada nggak temen gue yang bisa dibayar. Awalnya gue nggak ngeh maksud dia apa. Tapi, demi keselamatan gue, gue sok polos dan bilang nggak tau dan nggak ada! Emang dia pikir gue ayam sekolah apa. Buru-buru deh gue minta turunin dengan alasan udah sampe. 

Langsung gue pulang dengan jurus kaki seribu. Asli gue bener-bener takut! Untung aja dia masih mau nurunin gue, kalo gue digondol pergi bisa apa gue? Loncat? Ya Allah, gue masih engkau lindungi ternyata. Ada lagi, pernah juga gue dikejar-kejar sama orang yang nawarin tumpangan tapi gue tolak. Waktu itu, jantung gue serasa mau copot. Itu orang kelewat baik kali ya, udah dibilangin nggak usah masiiiih aja nawarin. Rasanya gue pengen teriak sama tu orang, tapi berhubung gue inget pesen ortu untuk tetap sopan dimanapun dan menghadapi siapa pun (terutema laki-laki) gue tetep jaga sikap. Apa lagi yang bisa gue lakuin selain kabur denga jurus seribu kaki. -__-
Oke, back to the main topic. Pengalaman-pengalaman itulah yang buat gue sering parno sama orang asing. Makanya, gue harus waspada! Kalo ortu tau gue terlalu ramah sama orang asing yang ada gue kena marah lagi kayak waktu itu. Nah, tu kenek langsung ngomong nggak usah takut sama saya. Gue diem, gimana gue nggak takut coba dia itu orang asing, ya orang asinggg! Lanjut lagi, dia nanya punya pulsa nggak? Gue masih diem. Langsung deh dia jelasin kalo lagi keabisan pulsa, sapa tau gue ada lebih jadi bisa transfer dan dia bayar. Setidaknya, gue sedikit tenang. Tapi itu nggak mengurangi kewaspadaan gue sedikitpun (karena gue pernah nonton kursus singkat hipnotis-hipnotis gitu, mereka biasanya mengalihkan konsentrasi korbannya . Jadi, kalo lagi jalan dan diajak ngobrol sama orang asing jangan sampe kehilangan konsentrasi). “Konsennn nyuuu, tetep konsennn!” itu yang terus gue pikirin. Demi tetap menghargai orang itu, gue coba alesan nanya kartu dia apa dan bilang sayang sekali kartu kita beda jadi nggak bisa transfer. Fyiuuuhh..
Gue pikir cuma sampe di situ aja, ternyata dia masih betah duduk di sebelah gue dan malah curcol seputar kisah cinta segitiganya sama seorang baby sitter (tukang dudukin bayi LOL) dan temen sesama keneknya.  Dia yang curcol, tapi gue yang galau. Ini orang sebenernya maunya apa sih? Emang gue ada tampang konsultan relationship gitu apa? -__- 
Akhirnya gue dengerin semua curhatannya, dia cerita lumayan banyak. Semua tentang getirnya kehidupan dia sebagai seorang perantau dari tanah jawa (tsaahh bahasa gue) sampai akhirnya nyangkut jadi kenek bis. Tapi gue nggak heran setelah tau latar belakang pendidikannya. Satu hal yang gue herraaann banget sama nih orang, gue pikir dia mau bilang bahwa dia nyesel karena sewaktu muda nggak sekolah bener-bener tapi ternyata malah bilang, “Saya nyesel mba, kenapa dulu pas sekolah saya nggak cari cewek. Anak zaman dulu beda sama sekarang yang sekolah mainannya cewek.” Eettdahh om, jadi tujuan hidup lo tuh apa sih sebenernya? Wanita? Patah hati sih patah hati gara-gara ditolak, tapi jangan gitu banget juga kali. Tapi, gue yakin sama sebuah pernyataan nggak ada orang yang bener-bener jahat atau bener-bener baik. Dan nggak peduli siapa yang berbicara, yang harus didengar adalah apa isi yang dia bicarakan. Di samping beberapa hal tersebut yang gue nggak sependapat sama tuh om-om. Ada beberapa pengalaman dia yang bisa gue ambil hikmahnya dan gue bisa belajar dari pengalamannya. Dia bilang, dulunya dia memang nakal tapi sekarang udah nggak dan dia tau kenakalan-kenakalannya para kenek bis tuh kayak apa. Jadi dia berpesan sama gue untuk berhati-hati.
Honestly, thank you so much om for your information. Akhirnya, dia pergi juga. Tapi, penderitaan belum  berakhir. Tempat duduk di sebelah gue kosong. So, otomatis siapa pun bisa duduk di situ (lagi). Bener aja, nggak lama gue ketiduran waktu bangun udah ada aja kenek lain yang lebih sangar. Sebenernya gue nggak keberatan ada yang duduk di sebelah gue, tapi pliss sedikit tenang dan jangan mengganggu kenyamanan dan rasa keamanan gue! Gue pun ngalah duduk minggir-minggir supaya nggak sempit dan dempetan. Eh, tapi dianya di kasih hati minta jantung! Dia malah tiduran seenak jidat tanpa peduli keberadaan gue. Dia nggak sadar apa, gue hampir encok gara-gara kesempitan. Karena gue udah gondok banget, gue dorong aja dia dengan pura-pura nggak tau. Gue pura-pura tidur sambil dorong tangan dia yang nindihin tangan gue. Berat!! Dia sadar kalo gue dorong-dorong, dia pun dorong balik tangan gue dengan ekspresi orang tidur pula. Alhasil kita pun dorong-dorongan nggak jelas dalam kondisi mata tertutup. Konyol banget! Sampe akhirnya gue nggak tahan lagi dan bilang, “bisa nggak sih mas geser!” gue udah kelewat gondok.
Dia pun ngacir pergi. Gue bersyukur banget. Bisa kalian tebak, kursi gue kosong lagi, dan kali ini diduduki sama penumpang om-om yang badannya gemuk. Jadi, tanpa dia dempet-dempet pun udah sempit . kali ini gue pasrahh.. gue diem aja, nggak bisa ngomong apa-apa lagi. syukurlah penumpang yang satu ini sedikit toleran dan nggak aneh-aneh. Lagipula, sebentar lagi gue sampe. Ternyata harapan gue nggak terpenuhi. Bis macet, masalah ban lah remnya masuk anginlah. -__- Sinyal hp juga nggak ada jadi nggak bisa hubungi orang rumah, gue cuma bisa sabar menanti. At least, gue berusaha untuk adaptasi bepergian sendirian, dan gue belajar dari segala huru-hara di perjalanan ketiga ini.
Itulah, 3 kali perjalanan gue dg tujuan menempuh hidup baru dan mencari ilmu. Gimana mata kalian perih? :D satu hal yang Author rasakan dari perjalanan ini, dulu gue ngerasa tempat baru yang gue datangi adalah tempat terjauh. Tapi sekarang gue tau, masih ada banyak tempat jauh lainnya yang menanti untuk dikunjungi. Thanks for reading guys! See ya in the next trip! ^^

No comments: