1.18.2013

Andai Kreativitas Bisa Dicuri

Pernah nonton Spongebob Squarepants kan? Cerita konyol tentang kehidupan makhluk-makhluk laut. Sadar atau nggak, kartun yang satu ini dibalut banyak pembodohan-pembodohan. :D
Jika anda terlalu cerdas dan terlalu logic bahkan soal hal-hal yang berbau homor, tinggalkan kartun ini. Karena anda tidak akan tertawa hanya karena melihat hasil zoom cangkang Gerry atau time card semacam "bermenit-menit kemudian". Tapi tulisan kali ini bukan mau membahas soal kartun ini, tapi satu hal yang bagi gue bisa diambil. Pernah liat adegan ini? Ketika spongebob berkata:
"imaginasiiii...." 
Itu dia bagian terbaiknya. Imaginasiiii... Dengannya kita bisa pergi kemana saja, melakukan apa saja, dan menikmati apa saja. Bahkan, einstein pun demikian.
Gue salah satu orang yang mengakui bahwa ide itu mahal, dan orang-orang yang punya banyak ide-ide cemerlang serta "out of the box" itu mengagumkan. Kebanyakan orang-orang yang punya daya imajinasi tinggi pasti erat dengan kata kreatif. Yang jelas, biasanya mereka pasti beda. Itu daya tariknya. Tapi sayang, jadi kreatif itu nggak gampang (IMO). Entahlah, apakah kreativitas itu suatu bawaan lahir atau hasil pembelajaran, yang pasti jika kreativitas bisa dicuri gue salah satu orang yang ngebet pengen mendapatkannya. :D

Tinggal copas noh.. BEDA kali. IDE bisa dicuri tapi kreativitas? Nggak. So ada yang tau gimana caranya jadi kreatif? Semacam kartun spongebob itu, idenya sederhana sih sebenernya, tapi siapa sangka yang sederhana itu punya peluang? :)

No comments: