12.02.2010

Dalam Masalah Selalu Ada Solusi

Sejak pukul 18.30 s.d. 21.45 saya belajar matematika. Ada hal yang saya pelajari malam ini, bukan cara bagaimana menghitung angka, ataupun menyusun rumus turunan. Saya mempelajari satu hal, yaitu tentang keputusasaan.

Selama hampir berjam-jam, saya hanya berkutat dengan satu jenis soal. Tentu saja menjenuhkan, saya gunakan cara pertama, gagal. Belum ingin menyerah, saya coba cara kedua, dan gagal. Sampai cara ketiga, keempat, dst. Saya belum juga menemukan titik temu. Rasa jenuh mendesak saya untuk berhenti, meninggalkannya. Tetapi, seperti biasa. Saya tidak puas, penasaran! Walaupun rasanya kepala ini ingin pecah, saya coba lagi dan lagi. Akhirnya, sedikit demi sedikit soal terpecahkan, dengan menggabungkan beberapa konsep dasar dan mengaplikasikannya.

Saya senang! Kenapa? Karena saya berhasil melawan keputusasaan. Terus mencoba dan pantang menyerah. Saya selalu ingat perkataan guru saya, "Orang yang tidak menemukan jawaban suatu masalah adalah kebanyakan orang yang berputus asa." Kalimat yang punya makna besar, saya percaya dan yakin. Ada banyak jalan ke Roma, jadi setiap masalah selalu ada jalan keluarnya. Jangan pernah menyerah dan putus asa! :)

No pain no gain.

2 comments:

Siti Hariati said... Reply Comment

Veni vidi vici tu apaan?

adreamer said... Reply Comment

Artinya saya datang, saya lomba, saya menang. Lupa tp bahasa apa.