2.06.2014

Ke Luar Angkasa?

Ada sebuah pertanyaan di ask.fm saya beberapa waktu lalu. Nah, waktu itu sempat saya posting kan soal pending post? :D Ini dia alasannya, saya mengikuti kegiatan Pramunas XV ISMAFARSI di Malang dengan tuan rumahnya Universitas Brawijaya. Mau tau cerita selengkapnya klik di sini!

Ada dua pertanyaan yang saya peroleh di ask.fm. Pertanyaan pertama adalah, "Apakah kamu ingin pergi ke angkasa luar?". Pertanyaan yang unik! Tapi nampaknya anda bertanya pada orang yang tepat! :D

Ya, saya pernah bermimpi pergi ke luar angkasa, bekerja sebagai astronot. Bahkan dulunya, saya pernah berniat untuk mendaftar jurusan astronomi di ITB. Aneh dan konyol ya?

Saking kurang realistisnya impian saya waktu itu saya pernah dimarahi dan dicemooh oleh orang tua dan kakak-kakak saya. Memang, untuk ukuran anak SMA, mimpi seperti itu sepertinya terlalu kekanak-kanakan. Memangnya kamu mau masa depan yang seperti apa dengan menjadi astronot? Kira-kira begitulah yang mereka bayangkan.

Sebenarnya, keinginan itu bukanlah tanpa dasar. Semenjak SMP saya mulai menggeluti ilmu astronomi. Kemudian, saya mulai takjub dengan alam semesta dan segala keajaiban di dalamnya. Tentang bintang, planet, rasi bintang, alam semesta, jagat raya. Sungguh, dunia ini luas. Masih ada tata surya lain, masih ada galaksi lain.. Coba bayangkan..


Meskipun apa yang dipelajari terlihat abstrak, cahaya, partikel, massa.. tapi menurut saya itu menarik dan menakjubkan. Sampai akhirnya keinginan itu pupus ketika saya akhirnya menyerah dan menurut untuk masuk jurusan farmasi.

Bagaimanapun, ternyata setelah dijalani, kuliah di farmasi memang tidak terlalu buruk. Namun, saya tetap akan mengingat bahwa luar angkasa pernah menjadi bagian dari impian saya.

Bintang favorit saya, beruang kecil dan besar



No comments: