3.28.2015

Anak Farmasi Itu...(Harus) Multitalent


Beberapa kali saya menengok bagian traffic source blog ini, saya mendapati beberapa orang (mungkin) tersesat saat sedang mencari clue tentang seperti apa sih mahasiswa farmasi itu. Mungkin, sebagian besar yang mencarinya adalah para pencari petunjuk masa depan, a.k.a anak-anak SMA yang ingin melanjutkan kuliah.

Well, susah juga menggambarkan seperti apa tepatnya anak farmasi itu dan segala tetek bengek dunia perkuliahannya. Tapi, saya rasa dalam beberapa situasi secara garis besar kehidupan anak farmasi itu hampir serupa. Satu hal yang saya dapat simpulkan dari sekian banyak hal adalah anak farmasi itu (harus) multitalent.

Ada yang mengatakan anak farmasi itu harus pintar kimia. Boleh saya katakan, ada benarnya juga namun tidak sepenuhnya. Ada banyak hal yang juga penting untuk membuat kalian bertahan dalam menjalani kehidupan mahasisa farmasi. Sebagian besar memang kita dihubungkan oleh subjek kimia. Tentu saja, kan yang dipelajari obat. Namun, tidak hanya itu. Kita juga dituntut untuk menguasai pelajaran lain seperti matematika, fisika, biologi, dll. Bahkan kemampuan seperti meracik, cara berkomunikasi dan manajemen (terutama manajemen waktu) itu penting sekali untuk dimiliki. 

Katanya, mahasiswa farmasi itu kuper karena banyak menghabiskan waktu di laboratorium. Memang benar, akan ada banyak praktikum yang harus dijalani di jurusan ini. Dalam satu semester saja, minimal ada tiga sampai dengan enam praktikum. Dengan kata lain, hampir setiap hari kalian akan menjalani praktikum dan tentu saja mengerjakan laporan dengan jumlah yang sama. Masa-masa seperti ini seperti ujian mental menurut saya. Saya sendiri merasakannya di semester tiga-lima. Di kalangan anak farmasi semester  itu disebut ''semester gila''. Tapi ini berbeda-beda ya tiap kampusnya, bisa jadi ada yang mengalaminya sejak semester satu. Namun jangan takut, selama memiliki mental yang kuat dan tangguh kalian pasti akan lolos hidup-hidup dalam menjalani ujian mental tersebut. Btw, tidak semua anak farmasi kuper, justru saya mendapati banyak yang mudah bergaul karena rata-rata pintar dan menawan. Hehe.

Kembali kepada pokok pembicaraan jika anak farmasi (harus) multitalent. Saya sendiri membagi fokus famasi menjadi empat bidang secara umum. Pertama, bidang farmakognosi fitokimia. Di bidang ini, kita mempelajari tumbuhan obat. Mulai dari mepelajari susunan, bentuk, fungsi bagian tumbuhan sampai dengan mengidentifikasi dan mengisolasi senyawa kimia (yang dapat berfungsi sebagai obat) dari tumbuhan tersebut. Tentu kemampuan di subjek biologi dan kimia terpakai di sini. Bahkan  kemampuan bertualang juga diperlukan. Saya sendiri pernah dua kali mengikuti praktikum lapangan ke Hutan untuk mencari tumbuhan obat.

Bidang kedua, yaitu Klinis. Mungkin banyak yang hanya tahu di bagian ini saja tentang farmasi. Di sini, kita mempelajari mengenai golongan obat, ilmu resep, pemilihan terapi, peracikan obat, pengujian efek obat pada hewan, dll. Kemampuan yang diperlukan seperti menghapal, menganalisis, seni, komunikasi dll. Mengapa harus menghapal? karena golongan obat ada banyak sekali, belum lagi jika kita mempelajari profilnya. Saya yakin, tidak semua orang bisa menghapal semua itu, saya salah satunya. Kemampuan menganalisis digunakan untuk melakukan pemilihan terapi, biasanya ujian mata kuliah ini berupa kasus-kasus. Seni, digunakan saat meracik obat mulai dari membaca tulisan--absurd--di resep sampai dengan cara memegang, merawat, memperlakukan hewan uji. Mungkin tidak hanya seni, namun juga kasih sayang. Hehe. Kemampuan komunikasi juga penting, terutama dalam hal berkomunikasi dengan pasien dan mengedukasi. Banyak ya?

Ketiga, analisis. Di bidang ini kita mengidentifikasi baik kualitatif (ada/tidak) dan kuantitatif (jumlah). Jadi kemampuan analisis, berhitung, dan teknis cukup diperlukan di bidang ini. Ini adalah salah satu bidang yang cukup saya sukai. Mata kuliah di bidang ini biasanya berupa analisis kemurnian obat, mengukur kadar senyawa dalam suatu sampel, identifikasi, penggunaan instrument dll.Teman-teman saya yang menyukai bidang ini rata-rata cerdas dan skill teknisnya bagus, dengan kata lain enak diajak kerja sama. Bidang ini mungkin lekat dengan mereka yang--katanya--ingin masuk BPOM.

Bidang keempat yaitu teknologi sediaan. Di sini, anak-anak kreatif bermain. Hihi. Saya juga lumayan menyukai bidang ini. Di bidang ini, kita dituntut untuk menguasai fisika, kimia, seni, dll. Dalam membuat macam-macam sediaan obat, tentu harus memahami sifat (baik fisika kimia) bahan-bahan yang akan digunakan. Dalam membuat sediaan itu sendiri, seperti memasak. Meskipun ada resep (dalam hal ini formula), terkadang seni juga berperan. Komposisi yang pas tidak selalu harus mengikuti resep. Nah kemampuan inilah yang diperlukan. Tidak hanya itu, pengetahuan tentang mikrobiologi juga diperlukan terutama untuk sediaan steril. Jadi, anak farmasi pun mempelajari makhluk halus, namun bukan makhluk halus yang itu ya. Hehe

Tentunya ada banyak lagi sub bidang farmasi yang tidak saya jabarkan, mulai dari manajemen apotek maupun rumah sakit, marketing, dll. Dunia farmasi itu luas sekali loh. Mungkin ini sedikit sharing dari saya tentang "Anak farmasi itu.." seperti apa. Satu yang pasti, mereka yang bisa menjalani dunia ini saya yakin adalah orang yang tangguh dan kuat. Tentu saja juga multitalent. :D

Sekian.

Baca juga di jurusankuliah.tumblr.com --> rekomendasi bacaan untuk mencari tahu jurusan kuliah langsung dari cerita mahasiswa. 

Survey: Apakah Sebaiknya Saya Melanjutkan Blog Ini? >> Berikan pendapatmu di postingan ini! :)

31 comments:

Anonymous said... Reply Comment

Kak kalau boleh sy bertanya, sy ingin masuk jurusan farmasi dan sedang berusaha untuk lolos seleksi. Pertanyaan sy, apakah di farmasi itu setiap harinya selalu bergulat dgn materi hitung² an atau ada jg materi hafalannya? Soalnya sy paling suka biologi daripada 3 pelajaran eksak lainnya? Makasih kak sblmnya

adreamer said... Reply Comment

Halo kamu.. selamat berjuang buat masuk farmasi ya. Materi hapalan? Ada banget dong hehe. Kamu akan mau tidak mau menghapal banyak golongan obat, mekanismenya, efek samping, interaksi dsb. Jadi kalau boleh dibilang farmasi itu bukan sains murni kayak jurusan di FMIPA, tapi pengetahuan2 terkait bidang2 itu akan terpakai semua. Itu yg menarik menurut saya pribadi.

Unknown said... Reply Comment

Kak, sy mau nanya. Di jurusan farmasi itu, rata2 anak yang mau masuk, apa memang harus betul menguasai dasar2 materi eksak semua, atau bagaimana kak ?. Kan katanya orang2 sekitar kalo mau masuk farmasi harus pintar kimia, nah sedangkan kimia sy sndiri msh dibilang agak lemah. Jadi, gimana kak ?. Mohon penjelasannya.

adreamer said... Reply Comment

@Muh Bachrul: Farmasi sendiri memang termasuk ilmu eksak, jadi memang pengetahuan dasarnya diperlukan. Meskipun tidak menutup kemungkinan ada lintas jurusan (semisal dulu peminatannya bukan ipa, karena saya pernah mengetahui beberapa orang yg seperti ini). Akan tetapi tentu akan jadi lebih sulit dan saya tidak tahu apakah masih diperbolehkan oleh perguruan tinggi.

Kalau menyoal harus pintar kimia sendiri, tidak mutlak menurut saya. Saya sendiri nggak berani bilang saya jago kimia. Dulunya lebih suka matematika dan fisika. Hehe. Tetapi, memang benang merahnya ilmu farmasi itu kimia.

Di sini kamu bilang lemah, berarti bukan nggak bisa sama sekali kan? Jadi selama kamu suka dan mau memperdalamnya buat saya nggak masalah. Semangat!

Unknown said... Reply Comment

Kak prodi farmasi tuh banyak belajar kimia , bio , fisika, matematik ya kak ?
Atau cuma kimia sama bio aja kak ?

adreamer said... Reply Comment

@Wahyu PPratama: Farmasi itu bisa dibilang banyak mengaplikasikan semua dasar ilmu yang sudah kamu sebutkan itu. :)

Unknown said... Reply Comment

Kak, saya kelas 12(ipa) nah saya minatnya ke jurusan farmasi. Tapi saya ambil jurusan pilihannya biologi untuk UN, itu memungkinkan nggak sih kak buat lolos farmasi? Atau saya salah pilih jurusan yang seharusnya kimia?

adreamer said... Reply Comment

@mitha iska: Halo mitha, saya coba jawab ya.. sepengetahuan saya pemilihan mata pelajaran pada UN tidak mempengaruhi jurusan kuliah yg akan dipilih pada saat masuk perguruan tinggi. Sbg contoh, adik saya sendiri pada saat UN memilih mata pelajaran fisika sedangkan skrg ia tengah kuliah di jurusan biologi. Jadi sebenarnya tidak ada masalah. Yang jadi pertimbangan sebenarnya adalah alasan mitha memilih farmasi. Karena farmasi benang merahnya adalah kimia. Jangan sampai, mitha sebenarnya menyukai biologi tetapi memaksakan diri untuk masuk farmasi. Meskipun, dalam perjalanannya menumbuhkan minat dan kemampuan itu sangat mungkin! :)

Unknown said... Reply Comment

Jadi sebenarnya jurusan pilihan UN tidak mempengaruhi lulus atau tidaknya masuk univ ya kak? Saya memilih biologi karena jurusan itu yang lebih saya kuasai, dan nilai raport biologi sedikit unggul, tapi tidak jauh dari nilai kimia kak. Sebenarnya saya mau pilih kimia, karena menurut saya memilih kimia lebih memungkinkan saya untuk lulus tes farmasi kak

adreamer said... Reply Comment

@mitha iska: Iya, setau saya begitu. Kalau mitha memang menguasai keduanya baik biologi dan kimia tentunya cukup untuk menunjang masuk di jurusan farmasi. Malah lebih baik karena keduanya dibutuhkan. :) Semoga berhasil!

Unknown said... Reply Comment

Assalamualaikum
Ka saya mau tanya,saya ingin ambil juruaan farmasi,tapi saya paling lemah dalam berhitung,dan matematika,kimia,fisika adalah mapel yg ga saya sukai.
Apakah sayah bisa berbaur ketika saya masuk farmasi.

Terimakasih
Wassalamualaikum

Unknown said... Reply Comment

Ka saya mau nanya, saya kan UN milih mapel Fisika terus saya mau masuk farmasi itu bakalan sulit ga ya?

Amelia Putri said... Reply Comment

Kak saya tertarik untuk farmasi, tetapi saya td membaca artikel kka klau ad yg harus menguasai fisika kimia.. Naa saya tidak tpi bisa fisika gimna dong kak? Apa itu pokok penting dalam farmasi

Nanda said... Reply Comment

Kak saya mau tanya, saya murid kelas 12 SMA dan saya tertarik banget sama farmasi. Setelah saya cari-cari informasi, saya baca kalau di farmasi itu ada praktikum farmakologi yang berhubungan sama binatang kayak tikus mencit dll.Nahh yang jadi permasalahannya saya itu phobia buat megang binatang apapun kak. Tapi saya sedang berusaha buat ngilangin phobia itu. Kakak pas masih kuliah ada ga temen2 kakak yang phobia sama seperti saya? Dan kirakira cara mengatasinya gimana ya kak? Terima kasih

adreamer said... Reply Comment

@Nanda: Betul Nanda, dalam praktikum farmakologi atau farmakokinetik kita akan mulai menggunakan hewan uji seperti mencit, tikus, atau kelinci. Teman-teman saya terutama yg perempuan juga banyak yg tidak bisa menyentuh langsung hewan uji. Akan tetapi, bisa survive s/d lulus. Meskipun demikian, memang ketakutan pada hean uji bisa memberikan tantangan atau hambatan tersendiri. Terutama bila nantinya km memiliki minat untuk melakukan penelitian yg terkait dengan bidang tsb.

adreamer said... Reply Comment

Cara menghilangkan ketakutan tsb salah satunya dengan mulai menyayangi hewan-hewan uji tsb, selain menggunakannya untuk percobaan kita pun harus merawatnya. Anggap saja kita berterima kasih atas "jasa" mereka. Dengan begitu setidaknya, meskipun tidak menyukainya kita tetap memperlakukannya dg baik. ^^

Unknown said... Reply Comment

Kak jujur saya saya untung hitung menghitung itu ga terlalu jago ya,tapi saya punya semangat untuk masuk jurusan farmasi itu gimana ya kak apakah akan ada kesulitannya �� terimakasih

Anonymous said... Reply Comment

Kak, saya mau tanya. Saya sekarang kelas 11, mau kelas 12. Cita-cita saya menjadi seorang mahasiswi farmasi itu, semenjak saya masuk SMA dan mulai menyukai pelajaran Kimia. Tidak jago sih kak, cuma bisa di ikuti dan niat. Tapi satu yang jadi permasalahan saya kak, saya pernah baca artikel mengatakan anak farmasi itu harus bisa berbahasa inggris, kalaupun tidak bisa yang penting ngerti. Sedangkan saya, tidak mengerti apa-apa tentang bahasa inggris kak. Terus gimana kak?

Anonymous said... Reply Comment

Kak, saya ini baru mau masuk SMA dan saya ambil jurusan IPA. Rencananya, saya ingin kuliah di farmasi. Boleh minta tips dan strateginya agar saya bisa dengan mudah diterima lewat jalur undangan di fakultas farmasi? Thanks! :)

Unknown said... Reply Comment

Assalamualaikum.. kak, aku mau nanya. Aku siswa kelas 11 IPA. Aku lagi nyari mau jurusan mana yang akan aku tuju. Nah niatnya mau Farmasi. Kebetulan nilai kimia aku stabil. Tapi aku takut nggak keterima di jurusan Farmasi. kira kira kakak ada saran/strategi/cara agar aku bisa menghilangkan rasa ragu aku dan bisa keterima lewat jalur undangan di universitas jurusan farmasi? Makasih atas artikel dan waktunya kak!! :)

Laura said... Reply Comment

halo Kak, maaf saya ingin bertanya.
saya anak kelas 12 jurusan IPA. menurut saya, saya tdk terlalu lemah di matematika, namun saya merasa kurang di analisis angka/logis dan ketelitian berhitung (makanya fisika saya kurang bagus nilainya hehe). Namun kalau urusan biologi dan menghafal serta kemampuan berkomunikasi, saya pribadi merasa ada. Menurut kakak dan pengalaman kakak, apa orang-orang seperti saya memiliki kesempatan untuk bertahan di jurusan tsb jika seandainya lulus snmptn/sbmptn farmasi (amin). dan strategi apa yang diperlukan kalau ingin lulus sbmptn di farmasi kak? terimakasih sebelumnya :)

Unknown said... Reply Comment

Salam anak farmasi yah... Terus semangat dan aku menanti kalian di masa depan. Good luck pharmacy

Unknown said... Reply Comment

Salam anak farmasi yah... Terus semangat dan aku menanti kalian di masa depan. Good luck pharmacy

Unknown said... Reply Comment

Selamat pagi kak,, mau nanya
Di farmasi ini paling banyak mempelajari kimia atu mtk kak??
Soalnya saya di sma paling unggul mtk apa bisa masuk farmasi jika nilai kimianya pas-pas an??
Terimakasih kak mohon dijawab

Unknown said... Reply Comment

Malam kak,,
Saya kelas 12 jurusan IPS apakah bisa masuk farmasi?

Unknown said... Reply Comment

Assalamualaikum ,kak mau minta solusi dong atau saran , aku dari jurusan IPS waktu SMA dan aku keterima di jurusan Farmasi waktukuliah aku kukiah mulai tahun ini , pasti sebuah tantangan sekali untuk saya kak karna saya dri jurusan IPS , jujur saya masih agak sedikit takut kak karna kan aku dari ips , tapi aku suka tantabgan kak jd aku harus bisa bersaing .
Kasih solusi dong kak biar aku betah sama jurusan farmasi karna itu cita cita aju ,terimakasih.

Salwa Azhari said... Reply Comment

Kak,mau nanya.
Seumpama nanti ketika UN mengambil UN fisika. Tapi,nanti ketika ke univ mengambil farmasi. Gak masalah kan kak?

Anonymous said... Reply Comment

Aku aja ngambil un bio tapi jadi anak farmasi kok :"

Anonymous said... Reply Comment

Kak, mau nanya... Kalo masuk jurusan farmasi harus kuat di mapel fisika ngga? Kl misalnya fisikanya lemah tapi kimia sama matematikanya unggul, kira2 bisa masuk ke farmasi ngga ka?

Unknown said... Reply Comment

Assalamualaikum

Hafidh Beta said... Reply Comment

Terimakasih banyak kang, teh...